Translate

Jumat, 04 Mei 2018

AQIQAH KADO TERINDAH SANG BAYI



Sejuntai senyuman merekah dari dua bibir yang senantiasa bertasbih. Bersyukur dengan kehadiran buah hati yang terkasih. Sejuta harapan menjadi dambaan bagi keduanya agar sang buah hati akan menjadi anak sholeh dan berbakti kepada orang tuanya  kelak.


Anak yang sholeh merupakan dambaan bagi setiap orang, sehingga setiap orang tua harus memulai pendidikan tersebut sejak dini. Di antaranya adalah ‘aqiqah. Banyak di antara kaum muslimin yang sudah meninggalkan sunnah ini (‘aqiqah) saat mereka mendapatkan seorang anak. Hal ini terjadi karena banyak kaum muslimin yang sudah menghabiskan uangnya untuk acara-acara perayaan kehamilan, seperti tiga bulanan, tujuh bulan ketika anak masih ada dalam kandungan dan lain sebagainya yang sebenarnya perkara tersebut tidak pernah disyari’atkan dalam Islam.


‘Aqiqah adalah menyembelih hewan untuk seorang anak pada hari yang ketujuh dari kelahiran, ‘aqiqah adalah sebuah perkara yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim yang mendapatkan kenikmatan berupa seorang anak. Rosululloh shollallohu’alaihi wasallam bersabda:


مَنْ وُلِدَ لَهُ وَلَدٌ فَأَحَبَّ أَنْ يَنْسُكَ عَنْ وَلَدِهِ فَلْيَفْعَلْ


“Barangsiapa dianugerahi seorang anak dan menyukai untuk menyembelih hewan untuknya, maka hendaknya ia melaksanakannya.”

(HR. Abu Dawud dan an-Nasa’i)


‘Aqiqah merupakan amal yang memiliki rahasia yang agung yang terwarisi dari penebusan Isma’il dengan seekor domba yang disembelih untuknya.


Kemudian Alloh subhanahu wata’ala menebusnya setelah itu, peristiwa tersebut menjadi sunnah bagi keturuannya, maka jika salah seorang dari mereka dianugerahi seorang anak, disunnahkan menyembelih domba untuknya.

Tidak ada komentar:

PESONA DANAU KEMBAR

Serupa tapi tak sama namun keindahannya sebanding, itulah Danau Di Atas dan Danau Di Bawah di Solok, Sumatera Barat. Kedua danau ini berdamp...